Selamat datang di Website Padepokan Suluk lan Ngudi Ilmu "Ulul Albab" Mojokerto, sebuah Majelis Ta'lim dengan nara sumber KH Dr Wahib Wahab M. Fil I., melaksanakan kegiatan zikir "Suluk" dan mengkaji "Ilmu Salaf dan Modern" setiap Rabu malam pukul 20.00 Wib (Kajian Kitab Untuk Umum), Jumat Pagi pukul 07.00 Wib (Ilmu Tasyawuf) dan Minggu pukul 07.00 Wib (Untuk Kalangan Akademisi/Mahasiswa), di PAS Ngilmu Ulul Albab, Karang Lo - Wates - Mojokerto

3 Golongan yang Dicintai dan Dibenci Alloh SWT


Sahabat Muslim...
Cinta dan benci adalah dua kutub kata sifat yang berbeda makna 180 derajat. Andaikan kita disuruh memilih, insya Alloh diantara sahabat semua akan memilih kata "cinta", apalagi bila cinta itu bila dihubungkan dengan sesuatu yang kita idam-idamkan. Di bawah ini akan kita uraikan tentang siapa-siapa saja diantara kita yang dicintai dan dibenci oleh Alloh SWT.


Dalam Hadits Qudsi disebutkan bahwa Alloh Subhanahu Wa ta’ala berfirman:
   
ﺃﺣﺐ ﺛﻼﺛﺔ، ﻭﺣﺒﻲ ﻟﺜﻼﺛﺔٍ ﺃﺷﺪ. ﻭﺃﺑﻐﺾ
 ﺛﻼﺛﺔ، ﻭﺑﻐﻀﻲ ﻟﺜﻼﺛﺔٍ ﺃﺷﺪ

”Aku (Alloh) mencintai tiga golongan tapi lebih mencintai tiga golongan. dan Aku benci tiga golongan tapi lebih benci lagi tiga golongan:

 ﺃُﺣﺐ ﺍﻟﻄﺎﺋﻌﻴﻦ، ﻭﺣﺒﻲ ﻟﻠﺸﺎﺏ ﺍﻟﻄﺎﺋﻊ ﺃﺷﺪ

AKU (Alloh) mencintai orang-orang Tua yang taat, dan AKU lebih cinta lagi kepada pemuda yang taat.

 ﻭﺃﺣﺐ ﺍﻟﻤﺘﻮﺍﺿﻌﻴﻦ، ﻭﺣﺒﻲ ﻟﻠﻐﻨﻲ
 ﺍﻟﻤﺘﻮﺍﺿﻊ ﺃﺷﺪ .

AKU mencintai pada orang-orang (miskin) yang tawadhu’ (rendah hati), dan AKU lebih mencintai orang kaya yang rendah hati.

 ﻭﺃﺣﺐ ﺍﻟﻜﺮﻣﺎﺀ، ﻭﺣﺒﻲ ﻟﻠﻔﻘﻴﺮ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﺃﺷﺪ

AKU mencintai orang-orang (kaya) yang memulyakan (mengutamakan) hak orang lain, dan AKU lebih mencintai pada orang miskin yang mengutamakan hak orang lain.

 ﻭﺃﺑﻐﺾ ﺍﻟﺒﺨـﻼﺀ، ﻭﺑﻐﻀﻲ ﻟﻠﻐﻨﻲ ﺍﻟﺒﺨـﻴﻞ
 ﺃﺷﺪ

Dan AKU membenci pada orang-orang (miskin) yang bakhil (kikir), dan AKU lebih benci lagi terhadap orang kaya yang bakhil.

 ﻭﺃﺑﻐﺾ ﺍﻟﻤﺘﻜﺒﺮﻳﻦ، ﻭﺑﻐﻀﻲ ﻟﻠﻔﻘﻴﺮ
 ﺍﻟﻤﺘﻜﺒﺮ ﺃﺷﺪ .

AKU benci pada orang-orang (kaya) yang sombong, dan AKU lebih benci lagi pada orang miskin yang sombong.

 ﻭﺃﺑﻐﺾ ﺍﻟﺰﻧﺎﺓ، ﻭﺑﻐﻀﻲ ﻟﻠﺸﻴﺦ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ
 ﺍﻟﺰﺍﻧﻲ ﺃﺷﺪ

Aku membenci orang-orang muda yang berzina, dan AKU lebih benci lagi terhadap orang-orang tua yang melakukan zina”.

Ref:Nasha-ihul ‘ibad

Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang-orang yang dicintai Alloh.. Amiin.