Selamat datang di Website Padepokan Suluk lan Ngudi Ilmu "Ulul Albab" Mojokerto, sebuah Majelis Ta'lim dengan nara sumber KH Dr Wahib Wahab M. Fil I., melaksanakan kegiatan zikir "Suluk" dan mengkaji "Ilmu Salaf dan Modern" setiap Rabu malam pukul 20.00 Wib (Kajian Kitab Untuk Umum), Jumat Pagi pukul 07.00 Wib (Ilmu Tasyawuf) dan Minggu pukul 07.00 Wib (Untuk Kalangan Akademisi/Mahasiswa), di PAS Ngilmu Ulul Albab, Karang Lo - Wates - Mojokerto

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN




Assalamualaikum wr wb.

Ichwanul muslimin..., baru saja kita menginjak pada bulan yang penuh dengan rahmat, maghfiroh serta ampunan Alloh SWT. Di berbagai tempat ibadah mulai Masjid, Musholla, Langgar maupun Surau diperdengarkanlah gema Al Quran yang mengiringi datangnya bulan yang mulia ini.



Saudara-saudara kita berduyun-duyun ke majelis Romadhon di lokasi terdekat dari kediamannya. Ini pertanda betapa Alloh SWT dengan sifat RahmanNya menurunkan hidayah dan rahmatNya di permulaan Romadhon ini. 

Pada kesempatan ini, Kyai Wahib Wahab Pengasuh Pesantren Ulul Albab Kidul Brantas Mojokerto dalam tausiahnya mengawali malam pertama bulan romadhon mengatakan bahwa ada sebuah hadits yang menerangkan :

عن النبيّ صلّى الله عليه و سلّم : أنّه قال من فرح بدخول رمضان حرّم الله جسده على النّيران.
Artinya :
Dari Nabi SAW bahwa sesungguhnya beliau bersabda: “Barang siapa yang senang dengan datangnya Bulan Ramadhan maka Allah mengharamkan jasadnya masuk neraka”. (Durrotun Nasihin hal : 7)

Kyai yang fasih berbahasa arab dan bahasa Inggris ini melanjutkan bahwa tatkala malam pertama bulan Ramadhan Allah berkata : “Siapa yang mencintaiku, maka aku mencintainya, siapa yang mencariku, maka aku mencarinya, siapa minta ampun padaku maka aku mengampuninya, dikarenakan mulyanya bulan Ramadhan”.

Beberapa keutamaan bulan Romadhon diantaranya : 

1.     Allah mengutus malaikat agar mencatat amal-amal hambanya.
2.     Allah melarang mencatat amal jelek.
3.     Allah menghapus dosa-dosa yang sudah lewat.
4.     Allah menurunkan suhuf (lembaran wahyu) kepada Nabi Ibrahim pada malam pertama bulan Ramadhan.
5.     Allah menurunkan kitab kepada Nabi Musa pada malam ketujuh pada bulan Ramadhan.
6.     Allah menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Dawud pada malam ke-12 Ramadhan.
7.     Allah menurunkan kitab Injil kepada Nabi Isa pada malam ke-18 pada bulan Ramadhan.
8.     Allah menurunkan kitab al-Qur’an kepada Nabi Muhammad pada malam ke-27 pada bulan Ramadhan. (Durrotun Nasihin Hal : 7)

Sebelum mengakhiri ceramahnya, beliau menambahkan bahwa :
Rasulullah SAW bersabda : seandainya umatku mengetahui hakikat keutamaan bulan Ramadhan maka mereka selalu berharap agar semua bulan menjadi bulan Ramadhan. (Hadits Durrotun Nasihin hal : 8)
            
Surga itu jatuh kepada 4 golongan yaitu :

1.      Orang yang rajin membaca al-Qur’an
2.      Orang yang bisa menjaga lisan
3.      Orang yang memberi makan kepada  orang yang lapar
4.      Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan

Berikut ini kami sampaikan kehadapan Anda sekalian beberapa rekaman beliau tentang Puasa Romadhon. Bagi anda yang ingin memiliki sebagai arsip dan bekal ilmu agama, silahkan download di bawah ini.

1. Puasa bag 1a dan bag 1b
2. Puasa bag 2a dan bag 2b
3. Puasa bag 3a dan bag 3b
4. Puasa bag 4a dan bag 4b 
5. Puasa bag 5a dan bag 5b 
6. Puasa bag 6a dan bag 6b


Sekian,
wasalamualaikum wr wb